Kesiapan Kesbangpol Daerah Pengaruhi Suksesnya Pilkada 2018

By Admin

nusakini.com-- Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Soedarmo mengingatkan, suksesnya Pilkada serentak tahun 2018 juga bergantung pada kesiapan jajaran Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di daerah. 

Tugas jajaran ini khususnya adalah melakukan deteksi dini, peringatan dini, dan cegah dini berbagai gangguan, ancaman, tantangan, dan hambatan yang dapat dapat mengganggu kelancaran penyelenggaraan Pilkada. 

“Kesuksesan Pilkada serentak ini salah satunya adalah berdasarkan tugas-tugas yang dilakukan para kepala badan Kesbangpol di daerah. Terutama, dalam melaksanakan deteksi dini,” kata Soedarmo di Kantor Kemendagri, Rabu (24/5). 

Hal tersebut disampaikan dalam acara Rapat Koordinasi Sinkronisasi Program dan Kegiatan Politik Dalam Negeri dalam rangka Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Gedung F Kemendagri, Jakarta. 

Melalui deteksi dini, jelas Soedarmo, Kesbangpol di daerah tentu nantinya dapat mengetahui gambaran berbagai potensi gangguan, ancaman, maupun hambatan terhadap pelaksanaan Pilkada. 

Hasil deteksi inilah yang kemudian bisa disampaikan kepada para pihak terkait, termasuk penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu serta aparat keamanan untuk melakukan langkah-langkah antisipasi. 

Di sisi lain, Soedarmo mengatakan, Kesbangpol di daerah juga bertugas memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat. Selain itu, bertugas memelihara persatuan dan kesatuan masyarakat di daerah yang menjadi tugas pokoknya seorang kepala daerah. 

Oleh karena itu, dia berharap, seluruh jajaran Kesbangpol di daerah, terutama daerah yang akan menghadapi Pilkada pada 2018 dapat membangun kerja sama, kebersamaan, dan soliditas bersama Kemendagri dalam rangka menjalankan tugas-tugas ke depan dalam rangka mendukung persiapan pelaksanaan Pilkada. 

“Saling membantu, saling bekerja sama dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan kepada kita semua. Mudah-mudahan tugas-tugas yang diberikan kepada kita semua bisa berhasil,” harapnya. (p/ab)